People of the month

               

    Ibusuri cixi (1835-1908) atau lebih dikenal sebagai ibusuri anggrek adalah istri kaisar xianfeng dari dinasti qing yang memerintah dibalik tirai.Dalam sejarah dia dikenal sebagai perempuan gila kuasa yang menjerumuskan tiongkok dalam bencana.
   Lahir dalam keluarga bangsawan rendah membuatnya mengikuti pemilihan selir kaisar dan menjadi salah satu yang terpilih.Kecantikan serta keterampilan nya dalam menyanyi,berpuisi membuatnya menjadi selir favorit kaisar.Apalagi setelah kelahiran putra nya yang membuat pangkat selirnya naik tinggi.
   1860 setelah ibukota jatuh ke tangan sekutu dan kaisar meninggal dunia,ia mulai memerintah dibalik tirai sebagai wali bagi putranya yang masih berusia 5 tahun.
    Kebijakan nya dinilai memiliki tangan besi,cixi tidak segan menghancurkan orang yang menentangya seperti keponakanya sendiri kaisar guangxu yang mati diracun karena berbeda paham dengan cixi.
     Pemikiran kuno nya juga dianggap menjurumuskan kekaisaran dalam akhir,Cixi menolak pembagunan rel kereta api dengan alasan dapat mengganggu makam kaisar hal ini menyebabkan program luar negrinya gagal padahal pada saat itu tiongkok sedang menghadapi tekanan bangsa asing yang besar.
    18 november 1908 cixi meninggal dunia,sebelum meninggal dia menunjuk puyi yang masih berusia 2 tahun menjadi penerusnya.Kelak pada 1924 puyi dicopot gelar kekaisaranya dan menjadi raja terakhir tiongkok.
   Kehidupan istana yang keras dan penuh intrik membuat nya melakukan segala cara untuk melindungi kekuasaan nya,dedikasi serta kebijakannya yang bertangan besi semata mata melindungi Tiongkok yang sedang dalam ambang kehancuran.Menurut saya tidaklah benar menyebutnya sebagai wanita gila kuasa tanpa melihat riwayatnya sebagai salah satu perempuan paling berkuasa dan berpengaruh di dunia.
2017
Dyevochka psih
   

Comments

Popular Posts